Madrasah Aliyah Al Irtiqo’ IIBS Kembali Menggelar Ujian Madrasah Berbasis Komputer 

Madrasah Aliyah Al Irtiqo’ International Islamic Boarding School Kota Malang (MA Al Irtiqo’ IIBS) kembali menggelar ujian madrasah dengan sistem berbasis komputer, di dalam masing-masing kelas, ujian dimulai pada hari Senin tanggal 14 Maret 2022 dan berakhir pada Jumat tanggal 25 Maret 2022. Cindy Indra Amirul Fiqri, M.Pd., selaku ketua pelaksana ujian madrasah. Ia mengatakan, ini tahun ketiga MA Al Irtiqo’ IIBS melaksanakan ujian madrasah berbasis komputer.

“Ini merupakan tahun ketiga setelah tahun pertama dan kedua kita mengalami beberapa kendala. Salah satu program Madrasah adalah tiap siswa diberikan fasilitas satu siswa satu laptop dan juga jaringan telah diperkuat, serta kualitas aplikasi yang benar-benar bagus dari tahun sebelumnya,” ujar Fiqri.

Ia juga menyampaikan, pelaksanaan ujian berbasis komputer merupakan bentuk kontribusi madrasah dalam menciptakan iklim pendidikan yang berkemajuan. Dengan membentuk generasi cerdas sebagai tugas utama madrasah. Serta membiasakan pengaplikasian digitalisasi di lingkungan madrasah.

“Ini adalah salah satu bukti madrasah sudah siap menjadi pelaku utama dalam kiprah kehidupan digital di Indonesia. Dan juga memberikaan fasilitas yang representatif untuk para siswa, hal tersebut kami lakukan agar kenyamanan dan keamanan belajar di sini terpenuhi,” katanya.

“Pada ujian madrasah kali ini dilakukan dengan beberapa sistem ujian. Selain menggunakan laptop untuk ujian sistem lainnya adalah Ujian Praktikum untuk beberapa mata pelajaran tertentu” Materi ujian untuk mata pelajaran umum mengacu pada kurikulum 2013 yang ditetapkan Kemendikbud dan materi ujian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Disampaikan, sebagai salah satu komponen penting penentu kelulusan siswa tingkat akhir madrasah, UMBK kali ini diikuti 30 peserta yang terbagi dalam dua kelas dan satu jurusan yaitu Matematika dan Ilmu Alam. (*)